Peran Pengawas Madrasah


Peran Pengawas Madrasah

Pengawas Madrasah adalah Pegawai Negeri Sipil yang di tunjuk oleh Kementerian Agama diberi wewenang untuk melaksanakan pembinaan dan penilaian dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan.

Pengawas bagian penting dari madrasah, ia memiliki pekerjaan serius dalam mengembangkan madrasah yakni membentuk lingkungan madrasah yang kondusif. Untuk mewujudkan visinya sebagai proses Character Building sebab hakekatnya pendidikan itu adalah proses menjadikan input (siswa) madrasah menjadi manusia yang berpotensi dengan berbasis akhlak yang baik, menciptakan lingkungan yang agamais dan relegius.

Keberhasilan pendidikan tidak hanya di pengaruhi oleh guru semata akan tetapi banyak komponen pendidikan yang terlibat dalam proses tersebut antara lain: tujuan yang hendak dicapai, pendidik, peserta didik, metode, materi, sarana dan lingkungan.

 Oleh karena itu, pendidik maupun peserta didik sebagai subjek pendidik di tuntut untuk dapat memanfaatkan seoptimal mungkin sarana dan prasarana yang dimiliki demi tercapainya tujuan yang di inginkan.

Peran pengawas madrasah adalah menjaga dan membina guru agar tetap profesional dalam menjalankan tugasnya. Peranan pengawasan atau suvervisi meliputi:

  1. Supervisi Akademik
  2. Supervisi Manajerial

Kedua supervisi ini harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan oleh pengawas madrasah… (JK.Pokjawas).


Penulis, Jon Kasmadi, S.Pd.M.Pd 

            (Pengawas MA dan MTs)

 


 

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 54.236.35.159
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved