Diposting Pada: Selasa, 30 Juni 2020
Ka. Kankemenag Tandatangani MOU dengan Ka. Lapas Sungai Penuh


Ka. Kankemenag Tandatangani MOU dengan Ka. Lapas Sungai PenuhSungai Penuh (Kemenag)Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh menandatangani nota kesepahaman kerjasama (Memorandum of Understanding) dengan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) kelas II.B Sungai Penuh di ruangan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh, Selasa (30/6).
Ka. Rutan Sungai Penuh Eli Susanto menyampaikan, kerjasama dua instansi vertikal tersebut dalam rangka memberikan kerohaniawan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sedang menjalani masa hukuman pidana di lapas Sungai Penuh. Dimana yang memberikan bimbingan ini nantinya adalah penyuluh fungsional dan PAI Non PNS Lingkup Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh
Dalam MoU itu disebutkan, Kemenag sebagai pihak kedua berkewajiban memberikan bimbingan kerohaniawan kepada WBP dengan menunjuk petugas yang berkompeten. Adapun masa berlakunya MoU 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang lagi sesuai kesepekatan keduabelah pihak.
Diakuinya, Ia bersama jajaran sangat mengharapkan bantuan Kemenag dalam memberikan bimbingan kerohaniawan kepada para Napi.
Menanggapi hal demikian, Kepala Kankemenag Kota Sungai Penuh H. Pahrizal, S.Ag, MM berterimakasih dan menyambut baik kerjasama bimbingan kerohaniawan yang digagas Kalapas.
Menurut H. Pahrizal, S,Ag, MM, tanpa MoU pun, Kemenag sebenarnya berkewajiban memberikan bimbingan keagamaan kepada Napi, termasuk diperuntukkan bagi pegawai Lapas itu sendiri jika dibutuhkan.
"Bagi kami Lembaga Pemasyarakatan termasuk objek khusus yang harus diberikan layanan bimbingan keagamaan," terang tambah beliau
Selanjutnya sambung beliau, untuk berikutnya, Ia akan mengerahkan Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS memberikan bimbingan rohani sesuai kebutuhan maupun permintaan Lapas.
"Kalau memang ada Napi Non Muslim dan juga membutuhkan bimbingan kerohaniawan kamipun siap memberikan pembinaan melalui Pembimas mereka di Kanwil karena Kemenag itu tidak hanya mengurus umat islam saja melainkan semua agama resmi di Negara ini," terangnya
Turut menyaksikan penandatanganan MoU Kasubbag TU, Muharum, S,Ag, Kasi Bimas Islam, Hendrizal, S.Ag dan ASN Lapas Sungai Penuh. (dally)

 


76x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.238.147.211
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved